sun 23/5 (7:21 pm)

Pengkhotbah 3:11 -> Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberi kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

mengenai "Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktuNya", gua udah sering dengar. tapi gua rasa banyak di antara kita itu sering memotong ayat tanpa melihat konteks secara keseluruhan.

baru kemaren ini ketika membaca kembali ayat di atas, gua membaca bagian setelah titik yang kaga gua stabiloin, huehehehe..

tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

nah, poin ini menjadi penting karena dengan tidak mengetahui dan tidak bisa menyelami apa yang dilakukan Allah dalam hidup kita dari awal hingga akhirnya, adalah wajar ketika dalam perjalanan hidup kita mungkin kita akan mengalami kebingungan dan mungkin kebimbangan.

itu manusiawi karena kita hanya melihat sepenggal dari apa yang sedang terjadi dan yang telah terjadi sementara yang belum terjadi itu adalah rahasia Tuhan.

karenanya seringkali ketika sesuatu sedang berlangsung, kita ngga bisa memahami kenapa hal itu harus terjadi dalam hidup kita, hanya ketika kepingan2 kejadian itu membentuk suatu gambaran yang lebih utuh, barulah kita bisa melihat betapa memang benar Ia selalu membuat segala sesuatu indah pada waktuNya.

maukah kita tetap mempercayaiNya hingga tiba waktu penggenapan akan karyaNya dalam hidup kita? ;)

sun 23/5 (7:27 pm)